Rabu, 03 September 2014

Yuk Belajar Mengenal Fungsi dan Bentuk Makeup Brush


Assalamualaikum girls :)
Brush adalah alat wajib yang harus dipunyai di kalangan wanita-wanita yang gemar mewarnai wajah. Wajah kita adalah kanvas alami yang diberikan Tuhan. Oleh karena itu, dengan bantuan brush/kuas, kita bisa lebih mempercantik dan memperindah kanvas yang telah di anugerahkan kepada kita semua. (Asik banget kata-kata pembukanya, hahaha )
Disini aku akan mengupas(?) tentang brush yang baru aku beli, ada 24pcs bok ! Gile, banyak bener, buat apa aja tuh? Pertanyaan-pertanyaan beauty semua akan terjawab yah :) kita belajar bareng, aku bukan seseorang yang pro dalam bidang per-kuas-an, jadi kalau deskripsi masing-masing brush ada yang salah, mohon dikoreksi dan diberitau di kolom komentar ya beauty :)



Sebelumnya, aku pernah me-review brush set dari Masami Shouko, klik di sini , aku memutuskan, kenapa aku beli lagi brush sebanyak ini? alesannya karna aku suka eksperimen sama warna eyeshadow, dan aku orangnya males cuci kuas ! *jangan ditiru* jadi kalo kuas banyak kan ada cadangan gitu kalo yang satu kotor, yang cadangan masih bersih :'D dan ini juga tergiur kok kuas segini banyak harganya ga nyampe 300rb :'))) *lemah* Make Up For You ini kuas dari China (correct me if I wrong) , bulunya lembut banget kayak pantat bayi :') jadi kalo pake kuas ini kayak dielus-elus ke pantat bayi :)))) Oke sekian bercandanya, yuk mari belajar bareng, apa sih kegunaan brush segini banyaknya? 


Kuas segede gaban ini namanya Big Fan, kuas paling gedai diantara teman-temannya, ini versi gedenya, ada lagi versi kecilnya, nanti diulas dibawah ya, fungsi dari kuas ini adalah untuk finishing, yang artinya, untuk membersihkan sisa-sisa eyeshadow tak berdosa yang berjatuhan dibawah mata, atau di bagian wajah yang lain.


Ini adalah Powder Brush, bentuknya lebih gendut ketimbang Blush Brush, kenapa sih pake bedak aja kok pake kuas? kan biasanya ada sponge bawaan~ Nah, menurut aku pribadi, penggunaan bedah menggunakan brush itu hasilnya lebih natural dan merata ketimbang menggunakan sponge bawaan, bukaannya menjelekkan sponge bawaan produk ya, tidak sama sekali. Kadang-kadang kalo lagi keburu-buru, juga aku pake sponge kok :))


Selanjutnya adalah Blush Brush, sudah nggak asing yah ditelinga :)) bentuk kuasnya sedikit lebih pipih ketimbang Powder Brush. Kuas ini jelas untuk mengaplikasikan blush on. "Kalo gak punya powder brush, bisa pake ini nggak,nggie?" Bisa bangeeeet :)))) Tapi untuk blush on yang sifatnya creamy, jangan pake ini ya, karna pasti produknya ngga akan nempel di brush kamu :p blush on creamy pengaplikasiannya hanya di tap-tap pake jari, Blush Brush ini hanya untuk meng-set dengan blush on powder agar blush on creamy kamu tahan lama :)


Kuas yang bentuknya miring ini namanya Contour Brush, kuas ini untuk mengaplikasikan bronzer di tulang pipi kamu, di jawline, dan daerah pelipis :) bisa banget untuk nge-blend contouring yang menggunakan cream foundation :) Tapi kalau aku pribadi, lebih enak nge-blend contour dengan menggunakan Stippling Brush.


Kuas yang bentuknya pipih ini namanya Foundation Brush, untuk mengaplikasikan foundation. Kuas dengan bentuk seperti ini, sangat mudah dalam pengaplikasian foundation berbentuk liquid dan cream. Aku pribadi, terkadang menggudakan ini untuk pengaplikasian highligt dengan cream foundation, karna foundation yang aku punya berbentuk mousse, jadi lebih enak aplikasinya dengan menggunakan Stippling Brush.


Pada brush set ini aku mendapatkan 4 buah Eyeshadow Brush~ yippi~ :D karna biasanya hanya ada 1 brush saja di brush set punyaku sebelumnya, jadi sempet beli eceran :'D Kenapa bentuknya nggak sama? karna sebenarnya ini masing-masing punya nama sendiri, yaitu Short, Medium, Large, dan Eyeshadow Brush. Aku memang mendambakan kuas eyeshadow yang banyak seperti ini, karna kalau buat #EOTD kan pasti terdiri dari beberapa warna, jadi aku butuh kuas eyeshadow nggak hanya 1, melainkan banyak. Kalau hanya punya 1 kuas eyeshadow, nggak mau kan warnanya jadi amburadul gara-gara kecampur di kuasnya? :))


Kuas ini versi kecilnya dari Contour Brush, yakni Medium Angled Shading. Kuas ini fungsinya untuk shading tulang hidung agar kelihatan agak *ehem* mancung dikit :p


Fluffy Brush, sesuai namanya, bulu-bulu yang ringan, pendek dan halus. Fungsi dari Fluff / Fluffy Brush ini adalah untuk membaurkan warna eyeshadow / untuk blending agar warna eyeshadow tidak terkesan kaku :)


Eye Contour Brush, adalah kuas untuk meng-contour mata. Biasanya area untuk meng- contour mata adalah tepat dibawah tulang alis, bisa dilihat di gambar.

Source


Smudge Brush dan Smudge Sponge, yakni 2 jenis kuas yang berbeda bentuk tetapi sama fungsinya. Smudge Brush dan Smudge Sponge, adalah untuk meng-smudge eyeliner ataupun eyeshadow agar tidak ada harsh line. Biasanya smudge eyeliner maupun eyeshadow adalah ke arah lower lashline. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga kalau smudge eyeliner maupun eyeshadow di tempat yang lain, seperti di kelopak mata contohnya.


Kuasnya lagi-lagi bentuknya miring ya hehehe :p Ini namanya Angle Eyeshadow Brush. Fungsinya adalah untuk mengaplikasikan eyeshadow di lipatan mata.


Lip Brush, sudah jelas ya kalau ini untuk mengaplikasikan lipstick. Jujur, aku jarang banget pake Lip Brush ini, daripada nggak kepake, Lip Brush aku pake buat highlight di bagian dalam mata, hehehe.


Kuas pipih nan kecil ini namanya Concelaer Brush. Fungsinya adalah untuk mengaplikasikan concelaer di bagian-bagian tertentu, seperti di bawah mata, di sebelah cuping hidung, di bekas-bekas jerawat, ataupun untuk merapikan bentuk alis pas finishing, bisa banget :)


Angle Brow Brush ini adalah untuk membentuk alis, bisa menggunakan brow gel,  eyebrow powder, ataupun dengan menggunakan eyeshadow sekalipun ^^


Eye Liner Brush, fungsinya ya untuk aplikasi Eye Liner dooong, hihihih :D


Precise Eyeliner Brush ini sedikit beda dengan Eyeliner Brush, kenapa? Karena Brush ini khusus digunakan bagi kalian yang menginginkan bentuk eyeliner yang tepat/presisi. Maksudnya adalah, kalau kalian menggunakan gel / liquid eyeliner dan menginginkan cat eye yang perrfect, yang runcingnya nggak ada lawan, aku sarankan memakai brush ini ! :)


Jika stock eyeshadow brush bersih kalian habis atau sisa 1-2 biji, Sponge Applicator-lah jawabannya ! Bisa banget mengaplikasikan eyeshadow ke kelopak mata kamu.


Fan Brush ini adalah anaknya(?) dari Big Fan Brush yang awal tadi kita udah bahas, hehehe :p fungsinya sama dengan emaknya diatas, yakni membersihkan sisa eyeshadow tak berdosa yang berjatuhan diwajah. Mungkin jika Big Fan Brush dirasa kebesaran dari wajah kalian, bisa menggunakan ini. Fan Brush ini juga multifungsi, bisa digunakan sebagai pengaplikasian finishing powder, ataupun aplikasi powder highlight di tulang pipi.


Lash Brush, fungsinya sama dengan brow brush dibawah, yakni untuk menyikat(?) alis agar ada efek gradasi.

Brush ini sering dijumpai dalam brush set for beginner, terdiri dari 2, yakni Eyebrow dan Eyelash Comb. Keduanya memiliki perbedaan fungsi, Eyebrow Comb sama seperti Lash Brush fungsinya, sedangkan Eyelash Comb fungsinya adalah membersihkan bulu mata kita setelah memakai mascara. Biasanya kan sisa mascara masih ada yang nempel gitu, nah, bisa dibersihkan dengan Eyelash Comb ini :)

Waaaah akhirnya kelar juga pelajaran kita hari ini beauty, apakah penjelasanku cukup jelas? atau ada yang salah? monggo dikomen yah, I'll appreciate that :) Semua penjelasan aku berdasarkan aku browsing dan pengalaman aku pribadi :) sekian postingan kali ini semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi beauties semua yang ingin membeli brush atau sudah punya brush set tetapi belum tau fungsinya seperti apa :)

Wassalam,
Love,